Makanan Untuk Penderita Kanker Paru Paru

Makanan Untuk Penderita Kanker Paru Paru

 

 

Paru – paru merupakan sebuah organ inti yang ada didalam tubuh kita, paru-paru juga sangat berperan penting dan untuk itu kita harus merawatnya supaya tidak sakit. Cara yang bisa dilakukan yakni dengan menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat, salah satu cara untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti dengan menghindari rokok dan hindari menghirup udara yang berpolusi.

Pengertian kanker paru paru

kanker paru paruPenyakit kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang paling umum dan serius. Di Indonesia saja terdapat kenaikan 20% penderita setiap tahunnya, kenaikan ini berbanding lurus dengan peningkatan jumlah perokok di Indonesia. Berarti faktor risiko terbesar terkena penyakit ini adalah merokok, yang dihubungkan dengan 9 dari 10 kasus yang ada.

Ada dua jenis kanker paru yakni primer dan sekunder. Kanker paru paru primer adalah sel kanker yang berawal dari paru-paru, sedangkan kanker yang dimulai dari bagian tubuh lain kemudian menyebar ke paru disebut kanker paru-paru sekunder. Dengan mengetahui jenisnya, maka penyembuhan kanker paru paru dapat disesuaikan.

Menu Makanan Sehat Yang Dianjurkan Untuk Penderita Kanker Paru-Paru

  • Air putih – air merupakan elemen yang paling penting yang dapat membantu kerja paru-paru untuk meningkatkan sirkulasi darah keseluruh tubuh.
  • Brokoli dan buncis – kedua jenis sayuran itu mempunyai kandungan yang baik sekali untuk paru-paru. Jadi, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis sayuran itu setiap hari.
  • Jenis makanan yang mengandung folat – didalam tubuh, folat yang mulanya berasal dari makanan seperti bayam, asparagus, kacang, jeruk, dan alpukat akan diubah menjadi asam folat. Makanan itu juga secara bertingkat dapat melindungi paru-paru dari kanker.
  • Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 – secara bertingkat makanan yang diperkaya akan kandungan asam lemak omega-3 mampu menyembuhkan penyakit asma. jenis makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan tuna, salmon, trout, kacang-kacangan serta biji-bijian.
  • Buah dan sayur – ada beberapa jenis buah & sayur yang mengandung karotinoid seperti blewah, ceri, mangga, semangka, markisa, pisang, pepaya, bayam, labu, wortel, ubi jalar, dan lobak. Karena khasiatnya, karotenoid sampai dipakai untuk di jadikan antioksidan untuk mengurangi resiko kanker paru-paru.
  • Berry – merupakan jenis buah yang mempunyai banyak sekali kandungan seperti kandungan flavonoid, karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang mampu menghilangkan karsinogen dari paru-paru, mengenai jenis buah berry yang dapat Anda konsumsi seperti buah raspberry, blueberry, acai berry maupun blackberry.
  • Apel – adalah jenis buah yang baik untuk paru-paru, karna, selain gampang di dapatkan, harganya pun cukup terjangkau.
  • Jahe – dengan menambahkan jahe kedalam masakan / dibuat menjadi minuman hangat bisa memberikan efek yang baik untuk paru-paru.
  • Delima – mengkonsumsi buah delima sangat baik bagi penderita kanker paru-paru, karena buah delima ini bermanfaat untuk meningkatkan suplai darah dan menghilangkan zat beracun dari paru-paru.
  • Makanan yang mengandung vitamin C, merupakan sebuah nutrisi yang terpenting bagi kesehatan paru-paru. jenis buah yang di dalamnya mengandung vitamin C seperti jeruk, kiwi, anggur, strabwerry, dan mangga.
  • Bawang putih – merupakan jenis rempah yang mempunyai zat yang disebut allicin yang mampu menangkal infeksi dan mengurangi peradangan paru-paru.
  • Kunyit – juga merupakan jenis rempah yang dapat mengentengkan peradangan pada paru-paru. Zat curcumin yang ada di dalamnya dapat menghilangkan zat penyebab kanker paru-paru.
  • Jenis makanan yang mengandung magnesium – magnesium ialah sebuah mineral terbaik yang mampu membantu menyembuhkan asma. Jenis makanan yang mengandung magnesium seperti jenis kacang – kacangan, ikan, alpukat, pisang dan buah-buahan kering.

 

Pantangan Bagi Penderita Kanker Paru-Paru

 

Pantangan Bagi Penderita Kanker Paru-Paru

Pantangan Bagi Penderita Kanker Paru-Paru

 

  • Penderita Kanker Paru-paru sebaiknya jangan merokok

Karena merokok adalah penyumbang setidaknya 90 persen dari kasus penderita kanker paru-paru. tembakau mengandung lebih dari 60 zat racun ( karsinogen ) berbeda yang dapat membuat kanker berkembang.

  • Jauhi Makanan Yang Diawetkan

Makanan yang diawetkan sangat berbahaya karena memiliki zat kimia yang tinggi yang dapat berubah menjadi karsinogen aktif. Bagi anda penderita kanker ataupun tidak, maka Jauhi makanan ini.

  • Jangan Mengkonsumsi Makanan Yang Dibakar

Pantangan makanan-makanan yang dibakar bagi penderita kanker paru-paru. alasannya adalah karena didalam makanan yang dibakar terdapat zat karsinogen aktif.

  • Hindari juga Daging Dan Ikan Asin

Daging ( sapi, Kerbau, Kambing Dan Babi ) dapat meningkatkan pertumbuhan sel dalam tubuh tidak normal, begitu juga dengan ikan asin yang juga sangat berbahaya apabila dikonsumsi oleh penderita kanker paru-paru.Karena bahan-bahan ikan asin dapat menjadi allergen dan dapat terjadi reaksi imunitas pada tubuh.

  • Buah-buahan

Durian, nangka, lengkeng, nenas, duku dan anggur jika sangat matang mengandung alkohol yang bisa memicu berkembangnya sel kanker.

  • Sea food

Udang, kerang, kepiting, cumi mengandung kandungan lemak tinggi. Penderita kanker / tumor harus mengurangi makanan yang mengandung lemak tinggi karena bisa merangsang berkembangnya sel kanker.

Tips Menjauhkan diri dari kanker paru paru

  1. Mulailah dengan rutin membersihkan serta menata kembali lingkungan sebersih dan serpih mungkin. Hal ini dilakukan untuk mengurangi perkembangbiakan bakteri jahat.
  2. Mengganti pola hidup anda ke pola hidup yang lebih sehat. Dengan mengganti makanan siap saji anda dengan makanan buatan sendiri yang lebih terjamin kualitas nahan pokoknya.
  3. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi.
  4. Jadwalkan kembali kegiatan olah fisik atau olahraga anda minimal seminggu 2 kali.
  5. Berhenti merokok dari sekarang. Jika sulit untuk mengatasi masalah ini, ikutilah beberapa terapi yang bisa menjauhkan anda dari rokok.
  6. Berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol tinggi.
  7. Jangan membakar sampah rumah tangga, sampah yang ada sebaiknya dikubur di dalam tanah atau dijadikan olahan barang bekas yang lebih bermanfaat. Asap yang ditimbulkan dari hasil pembakaran malah akan menjadi polusi.
  8. Lebih baik ikut serta dalam mengurangi polusi dengan menggunakan kendaraan umum atau menggunakan sepeda yang ramah lingkungan untuk alat transportasi.
  9. Gunakan masker apabila hendak berpergian
  10. Lakukan chek up rutin minimal 3 bulan sekali
  11. Jagalah paru-paru anda selalu dalam keadaan sehat dengan mngkonsumsi buah-buahan atau sayuran yang kaya akan nutrisi dan serat.
  12. Tidak membiarkan diri anda stres. Diusahakan sesering mungkin untuk berlibur ketempat yang jauh dari polusi kota.

 

Obat Herbal Untuk Knaker paru-paru Menggunakan herbal K-muricata Dikombinasi dengan Amazon Berries

 

Dengan anda melakukan kegiatan diatas, upaya anda dalam menjauhkan diri dari penyakit kanker paru-paru cukup optiman yakni sebesar 80%. Memang mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga and ayang telah mengetahui pencegahan kanker paru-paru diupayakan untuk memberikan perhatian penuh akan bahaya penyakit ini, serta memberitahukannya kepada kerabat terdekat anda.

Obat Herbal Untuk Kanker paru-paru bisa menghubungi kontak person pada website kami, Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda. 

 

Makanan Untuk Penderita Kanker Paru Paru

%d bloggers like this: