Pengobatan Kanker Paru Paru

Pengobatan Kanker Paru Paru

 

 

Pengobatan kanker paru paru  yang ampuh adalah yang tepat sasaran, dengan mengatasi penyebab ( yakni sel kanker) dan memperbaiki setiap sel dan organ tubuh yang berkaitan dengan penyakit ini.

Sebelum membahas tuntas tentang obat herbal kanker paru alami yang paling mujarab, ada baiknya kita mengetahui apa itu penyakit kanker paru paru?

Pengertian kanker paru paru

kanker paru paruPenyakit kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang paling umum dan serius. Di Indonesia saja terdapat kenaikan 20% penderita setiap tahunnya, kenaikan ini berbanding lurus dengan peningkatan jumlah perokok di Indonesia. Berarti faktor risiko terbesar terkena penyakit ini adalah merokok, yang dihubungkan dengan 9 dari 10 kasus yang ada.

Ada dua jenis kanker paru yakni primer dan sekunder. Kanker paru paru primer adalah sel kanker yang berawal dari paru-paru, sedangkan kanker yang dimulai dari bagian tubuh lain kemudian menyebar ke paru disebut kanker paru-paru sekunder. Dengan mengetahui jenisnya, maka penyembuhan kanker paru paru dapat disesuaikan.

Penyebab kanker paru paru

Sebagian besar kasus kanker paru-paru disebabkan karena merokok, meskipun orang-orang yang tidak pernah merokok juga dapat terkena kondisi ini.

  • Merokok adalah faktor risiko utama untuk penyakit ini, dan bertangung jawab untuk sekitar 90% dari semua kasus. Hal ini karena asap tembakau mengandung lebih dari 60 zat racun ( karsinogen )berbeda yang bisa membuat kanker berkembang. Jika Anda merokok lebih dari 25 batang sehari, maka risiko terkena kanker paru-paru meningkat sebanyak 25 kali dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.
  • Perokok pasif, sering terkena asap rokok orang lain juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru. Berdasarkan penelitian dikemukakan bahwa wanita non-perokok yang tinggal serumah dengan pasangan perokok, meningkatkan risiko sebesar 25% untuk terkena kanker paru dibandingkan dengan wanita non-perokok yang tinggal dengan pasangan non-perokok.
  • Paparan bahan kimia dan zat-zat tertentu yang digunakan dalam beberapa pekerjaan dan industri juga dapat meningkatkan risiko walaupun cuma sedikit. Bahan kimia yang dimaksud: arsenik, asbes, berilium, kadmium, batubara dan asap kokas, silika serta nikel.
  • Satu studi menunjukkan bahwa risiko terkena kanker paru-paru meningkat sekitar 33% jika Anda tinggal di daerah yang tercemar gas oksida nitrogen ( dari kendaraan ).

Setelah mengetahui penyebab diatas Anda dapat menghindari faktor-faktor tersebut untuk memperkecil risiko terkena penyakit ini, dibandingkan Anda harus dipusingkan dengan mencari cara penyembuhan kanker paru paru yang ampuh dsb. Karena mencegah pasti lebih mudah dan murah dibandingkan dengan mengobati.

Gejala kanker paru paru

Pada tahap awal, kanker paru-paru biasanya tidak memiliki gejala. Ketika gejala mulai muncul, biasanya disebabkan oleh saluran pernapasan yang tersumbat atau karena kanker telah menyerang lebih lanjut ke paru-paru ( tahap kanker stadium lanjut ) dan jaringan disekitarnya. Gejala utama kanker paru-paru meliputi:

  • batuk lebih dari dua atau tiga minggu yang semakin lama semakin memburuk
  • batuk darah
  • sakit saat bernafas atau batuk
  • infeksi pernapasan seperti paru paru basah dan bronkitis
  • sesak nafas
  • kelelahan atau kekurangan energi
  • kehilangan nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan secara
    drastis

Ciri ciri kanker paru lainnya berupa:

  • suhu tinggi (demam) diatas 38 derajat celcius
  • kesulitan menelan atau nyeri saat menelan
  • mengi seperti asma
  • suara serak
  • wajah dan leher membengkak
  • nyeri di dada dan bahu

Bila Anda memiliki beberapa gejala di atas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit.

Stadium Kanker Paru Paru

  • stadium 1 : kanker paru masih berukuran kecil dan belum menyebar,
    ukuranan di bawah 5cm
  • Stadium 2 : kanker berukuran apa saja dan sudah menyebar kebagian
    lain seperti KGB, diafragma, rongga dada.
  • Stadium 3 : tahap ini kanker sudah menyebar ke KGB dan menyebar ke
    organ lain dekat paru.
  • Stadium 4 : kanker sudah menyebar ke paru sebelah dan juga ke organ
    lain.

Diagnosis Kanker Paru Stadium 4 dipastikan bila kanker sudah menyebar ke lebih dari 1 area pada paru sisi lainnya, cairan yang melingkupi paru/jantung, atau pada organ lain yang jauh dari paru-paru melalui aliran darah. Begitu sel kanker telah memasuki aliran darah, kanker dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh, namun penyebaran yang umum terjadi adalah ke otak, tulang, hati dan kelenjar adrenal.

Penanganan Kanker Paru Secara Medis meliputi:

  1. Pembedahan / operasi pengangkatan kanker
  2. Radioterapi, yaitu penyinaran dengan energi radiasi untuk membunuh sel kanker
  3. Kemoterapi, yaitu penggunaan obat-obatan untuk membunuh sel kanker serta menghambat pertumbuhan dan penyebarannya.
  4. Terapi target, yaitu penggunaan obat-obatan untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.
  5. Terapi paliatif, yaitu pengelolaan rawat akhir bagi kanker stadium lanjut. Terapi ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup, misalnya meredakan rasa nyeri yang timbul dan mengurangi keluhan yang dirasakan.

Umumnya pada Kanker Paru Stadium 3 dan 4 tidak dianjurkan untuk dilakukan prosedur pembedahan, mengingat kanker sudah menyebar ke jaringan/organ lain dan tidak memungkinkan untuk dilakukan operasi pengangkatan kanker. Penanganan Kanker paru stadium 4 umumnya meliputi kemoterapi dan terapi paliatif. Jenis pengobatan yang digunakan tergantung pada jenis kanker dan penyebaran yang terjadi.

Umumnya Kanker Paru Stadium 4 memiliki prognosis yang buruk, namun dengan penanganan yang baik akan mencegah penyebarannya dan dapat meningkatkan kualitas hidup penderitanya.

 

Pengobatan Kanker Paru Paru

 

You may also like...

%d bloggers like this: