Penyebab Kelenjar Tiroid Di Leher

Penyebab Kelenjar Tiroid Di Leher

Salah satu bagian tubuh yang memiliki peran vital dalam menopang kehidupan kita adalah kelenjar tiroid. Kelenjar ini merupakan produsen sekaligus tempat penyimpanan hormon yang membantu mengatur detak jantung kita.

 

 

Penyebab dan Gejala Gangguan Kelenjar Tiroid,- Kelenjar tiroid adalah salah satu dari kelenjar endoktrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar ini dapat ditemui di bagian depan leher, sedikit di bawah laring. Kelenjar tiroid berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Penyebab Kelenjar Tiroid Di Leher

Beberapa dari kita mungkin tidak menyadari bahwa sedang mengalami gangguan tiroid. Di Amerika sendiri, lebih dari 20 juta orang yang menderita gangguan tiroid dan diperkirakan 60% kasus diantaranya tidak terdiagnosis. American Thyroid Association mengatakan, penderita gangguan tiroid berisiko mengalami kesehatan yang lebih serius seperti penyakit jantung, osteoporosis dan infertilitas.

Lalu, Apa yang menyebabkan terjadinya gangguan tiroid?

Meski jarang terjadi, namun ketika seseorang terkena masalah gangguan tiroid hal ini akan sangat mengganggu kesehatan. Gangguan kelenjar tiroid sendiri terbagi menjadi dua, yaitu hipotiroid dan hipertiroid, kelebihan hormon tiroid menyebabkan Anda mengalami  hipertiroid, sementara kekurangannya membuat Anda mengalami hipotiroid. Yang menjadi penyebabnya adalah :

  • Auto-imun (dimana tubuh menghasilkan antibodi yang menyerang jkomponen spesifik pada jaringan tersebut
  • Obat-obatan tertentu yang dapat menekan produksi hormon tiroid
  • Kurang iodium dalam diet dan air minum, sehingga kinerja kelenjar tiroid berkurang dan menyebabkan pembengkakan

Kelenjar tiroid tidak terlihat dan hampir tidak dapat diraba. Mereka yang mengalami gangguan kelenjar tiroid pada umumnya akan merasakan gejala seperti :

  • Mudah lelah
  • Berat badan yang naik turun secara drastis
  • Pembengkakan di leher
  • Rambut rontok
  • Siklus menstruasi yang terganggu
  • Masalah pada pencernaan
  • Perubahan detak jantung
  • Nyeri pada otot dan tulang

Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa menyebabkan kelenjar tiroid :

1. Penyakit Graves

Penyakit Graves adalah bentuk hipertiroidisme dengan komponen autoimun. Antibodi dalam sistem kekebalan tubuh keliru melihat tiroid sebagai “musuh” dan melancarkan serangan.

Hal ini menyebabkan kelenjar menjadi terstimulasi berlebihan sehingga memproduksi hormon tiroid yang berlebihan. Pada akhirnya kelenjar menjadi memburuk dan gondok akan terbentuk. # Penyebab Dan Gejala Kelenjar Tiroid

2. Penyakit Hashimoto

Seperti halnya penyakit Graves, penyakit Hashimoto juga merupakan gangguan autoimun. Namun, alih-alih menghasilkan tiroid berlebih, kondisi ini memicu hipotiroidisme atau menyebabkan kelenjar tiroid tidak menghasilkan jumlah hormon yang cukup.

Meskipun demikian, kelenjar pituitari terus mengirim thyroid-stimulating hormone (TSH) kepada tiroid, sehingga memperburuk kondisi kelenjar tiroid dan menyebabkannya mengalami pembesaran.

3. Thyroid Nodules & Solitary Nodules (Nodul Tiroid)

Pembesaran kelenjar tiroid bisa menghasilkan multiple nodul padat atau nodul yang berisi cairan yang tumbuh di kedua lobus tiroid atau nodul tunggal yang tumbuh hanya pada satu sisi tiroid.

Pada kebanyakan kasus, nodul-nodul ini jinak dan tidak memiliki potensi untuk berkembang menjadi kanker. # Penyebab Dan Gejala Kelenjar Tiroid

4. Kanker Tiroid

Kanker tiroid lebih jarang terjadi dibandingkan nodul tiroid. Jenis pembesarannya biasanya terjadi hanya pada satu sisi dari kelenjar tiroid.

5. Tiroiditis

Tiroiditis adalah peradangan kelenjar tiroid yang bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan atau terkadang setelah masa kehamilan. Beberapa bentuk tiroiditis disebabkan oleh infeksi bakteri, namun ini sangat jarang terjadi.

Meskipun tiroiditis bisa terjadi karena hubungannya dengan penyakit Hashimoto dan penyakit Graves, namun umumnya hanya bersifat sementara.

6. Kekurangan Yodium

Bahan bakar yang diperlukan kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon adalah yodium. Karena yodium sudah ditambahkan pada garam meja dan makanan lainnya, masyarakat yang tinggal di negara maju hampir tidak pernah mengalami pembesaran tiroid karena kekurangan yodium. # Penyebab Dan Gejala Kelenjar Tiroid

 

Jenis-jenis Penyakit Tiroid

Penyakit tiroid dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis, di antaranya adalah:

Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah kondisi terlalu sedikitnya hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid sehingga tubuh mengalami defisiensi. Kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita (terutama lansia) dan memiliki gejala-gejala umum seperti konstipasi, kulit kering, kelelahan, kenaikan berat badan tanpa sebab jelas, serta lebih sensitif terhadap hawa dingin.

Hipertiroidisme

Jika kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan dalam tubuh, Anda bisa mengalami kelenjar tiroid overaktif atau hipertiroidisme. Penyakit ini umumnya ditandai dengan detak jantung yang cepat atau tidak beraturan, penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba meski nafsu makan meningkat, berkeringat, gugup, serta cemas.

Penyakit gondok

Penyakit gondok adalah pembengkakan kelenjar tiroid yang umumnya menyebabkan benjolan pada leher. Selain benjolan yang menjadi gejala utamanya, penderita penyakit ini juga bisa mengalami perubahan suara, kesulitan bernapas dan menelan, serta rasa sesak pada tenggorokan.

Nodul tiroid

Nodul tiroid adalah benjolan padat atau berisi air yang timbul dalam kelenjar tiroid. Benjolan ini dapat berupa tumor jinak atau kista. Nodul tiroid jarang menyebabkan gejala sehingga umumnya hanya terdeteksi saat penderitanya menjalani pemeriksaan kesehatan umum. Namun jika nodul yang tumbuh cukup besar, kondisi ini bisa menyebabkan kesulitan bernapas, kesulitan menelan dan rasa sakit pada tenggorokan.

 

Penyebab Kelenjar Tiroid Di Leher

You may also like...

%d bloggers like this: